Windows 8 Segera Gantikan Windows 7.

Windows 8 Segera Gantikan Windows 7.

Microsoft enggan disaingi Apple yang baru saja memperkenalkan Mac OX X Lion.

Dalam sebuah posting blog di website Belanda, Microsoft mengatakan Windows versi berikutnya, yakni Windows 8, tengah dikembangkan. Dikatakannya, Windows 8 tidak akan diluncurkan hingga dua tahun ke depan.

Kabar itu muncul di sela posting blog yang sedang memperingati satu tahun Windows 7. Dalam halaman Web yang sama, dituliskan pula bahwa Windows 8 akan termasuk Windows App Store, serupa dengan yang diperkenalkan Apple untuk Mac minggu lalu.

Selain itu, login ke dalam Windows tak lagi dengan fingerprint atau mengetik password, tetapi pada pengenalan wajah (face recognition). Selain itu, Microsoft menjanjikan boot-up yang jauh lebih cepat dari Windows 7.

Desas desus yang beredar, termasuk pada slide deck yang terpampang di halaman Websiter tersebut, Windows 8 akan diluncurkan Microsoft di awal tahun 2011. Pasalnya, perusahaan yang dikendarai Steve Ballmer itu enggan disaingi Apple yang baru saja memperkenalkan Mac OX X Lion. Nampaknya Microsoft ingin mempertahankan suasana yang kompetitif.

Namun, mendengar kabar Windows 8 baru akan keluar sekitar dua tahun lagi bukan sesuatu yang baru. Sebelumnya, perusahaan yang berkantor di Seattle itu pernah menghabiskan waktu lebih lama dan tertinggal jauh dari Apple saat mengembangkan Windows 7.

Ya, Windows 7 dirilis pada bulan Oktober setahun lalu, sekitar dua tahun setengah setelah Windows Vista. Sementara gap antara Windows Vista dan Windows XP lebih jauh lagi, sekitar lima tahun.

Sebuah dokumen muncul di blog Microsoft. Disebutkan bahwa Windows 8 akan hadir di 2011.

Seorang yang diduga merupakan mantan karyawan Microsoft Corp. dilaporkan telah menyebarkan dokumen yang tampaknya mengandung informasi seputar kepastian tanggal peluncuran sistem operasi Windows 8.

Menurut dokumen tersebut, Microsoft berencana untuk meluncurkan sistem operasi terbaru itu di pertengahan tahun depan.

Seperti VIVAnews kutip dari XbitLabs, 31 Januari 2010, Chris Green yang diduga adalah mantan pengembang software di Microsoft telah menyebarkan dokumen yang disebut “Estimated Product Support Life Cycles” di blog Microsoft.

Pada dokumen tersebut terkuak jadwal dukungan produk dan tanggal peluncuran produk untuk belasan produk software Microsoft. Meski dokumen tersebut segera dihapus dari blog, akan tetapi sejumlah pengunjung sempat menyimpannya dan memajangnya di berbagai situs di Internet.

Pada dokumen itu disebutkan bahwa Microsoft berencana untuk meluncurkan Windows 8 pada 1 Juli 2011. Tak sampai dua tahun setelah Windows 7 hadir di pasaran.

Meski keabsahan dokumen itu belum bisa dipastikan, tetapi seluruh tanggal seputar peluncuran produk di dokumen tersebut tampaknya tepat. Bila demikian, diperkirakan Microsoft akan menghadirkan update terhadap sistem operasi barunya sekitar satu tahun lebih cepat.

Sebelum ini, Microsoft menghadirkan sistem operasi desktop mereka setiap dua sampai tiga tahun. Misalnya pada Windows 95, 98, ME, dan XP. Akan tetapi, Windows Vista hadir lima tahun setelah XP karena satu dan lain hal. Hadirnya Windows 7 sekitar tiga tahun setelah Vista membuat Microsoft kembali ke jalan yang benar, yakni menghadirkan sistem operasi desktop baru tiap dua atau tiga tahun.

Meski demikian, Microsoft belum bersedia mengonfirmasikan seputar tanggal pasti peluncuran Windows 8 tersebut.

Detail Windows 8 Mulai ‘Beredar’

Diperkirakan, Windows 8 akan hadir di tahun 2012 mendatang.

Informasi seputar versi Windows yang akan melanjutkan Windows 7 mulai beredar di internet. Kabarnya sistem operasi itu akan tersedia pula dalam versi arsitektur 128-bit. Keterangan di atas didapat dari bocornya informasi milik tim riset dan pengembang Microsoft di Amerika Serikat.

Robert Morgan, seorang karyawan Microsoft tampak membeberkan rencana raksasa software tersebut untuk Windows 8, bahkwan Windows 9 di situs jejaring profesional LinkedIn. Di sana ia mencantumkan informasi pekerjaannya sebagai ‘Senior Research and Development’.

Meski profilnya telah dihapus dari situs LinkedIn, tetapi masih dapat dilihat dari cache milik hasil pencarian Google. Di sana ia menyebutkan, “bekerja dalam tim khusus untuk riset dan pengembangan yang melibatkan rencana strategis untuk proyek jangka menengah dan panjang.”
Seperti VIVAnews kutip dari PCWorld, 12 Oktober 2009, proyek riset yang ia kembangkan termasuk kompatibilitas arsitektur 128-bit dalam kernel Windows 8 dan Windows 9. Selain itu, ia juga menyebutkan bahwa ia bertanggungjawab untuk menjalin kerjasama dengan partner utama seperti Intel, AMD, HP, dan IBM.

Windows 7, yang akan tersedia secara worldwide pada 22 Oktober mendatang akan hadir dalam versi 32 bit dan 64-bit. Komputer dengan arsitektur 64-bit dapat menangani RAM dengan jumlah lebih banyak dan secara teoritis lebih bertenanga dibanding varian 32-bit. Kemungkinan Windows 7 juga akan mempopulerkan varian 64-bit. Jika ‘keterangan’ karyawan Microsoft tersebut benar, maka Windows 8 versi 128-bit akan menghadirkan lompatan baru dari sisi performa.

Microsoft sendiri menyebutkan bahwa mereka akan merilis versi baru Windows untuk desktop setiap tiga tahun. Artinya, Windows 8 akan hadir di tahun 2012 mendatang.

2012, Microsoft Siap Guncang Pasar OS.

Sistem operasi baru tersebut ditujukan untuk masuk ke jajaran produk Windows Server.

Microsoft bersiap untuk mengguncang pasar sistem operasi pada tahun 2012 mendatang. Rencananya, mereka akan meluncurkan Windows 8, sistem operasi terbaru mereka di kisaran tahun tersebut.

Dari beberapa slide presentasi yang didapat Electronista pada ajang Professional Developer’s Conference (PDC), Microsoft mengindikasikan bahwa sistem operasi baru tersebut akan masuk ke dalam jajaran produk Windows Server.

Meski demikian, tidak tertutup kemungkinan bahwa Microsoft akan memperluas segmennya ke sistem komputer desktop.

Menurut roadmap, Microsoft berusaha untuk menghadirkan perbaruan sistem operasi mereka dalam waktu yang rutin. Peluncuran sistem operasi akan hadir setiap tiga atau empat tahun, sedangkan update penting akan mereka hadirkan tiap dua tahun.

Peluncuran Windows 8 pada tahun 2012 merupakan target yang optimis, tetapi tampaknya penundaan sulit untuk dihindari setiapkali Windows baru akan diluncurkan. Sebelumnya, Microsoft memiliki jeda 6 tahun antara peluncuran Windows XP di tahun 2001 dan Vista di 2007 yang sebenarnya dijadwalkan untuk 2006.

Tetapi berhubung penerimaan pasar yang buruk terhadap Vista, Windows 7 terpaksa dihadirkan kurang dari 2 tahun setelah Vista. Microsoft tentu tidak ingin mengalami jeda 6 tahun untuk peluncuran Windows baru, tetapi mereka juga perlu untuk menghindari kegagalan seperti yang terjadi pada Vista


  1. buy propecia online propecia impotence lawsuit – cheap propecia mastercard

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: